7 SOCCER, INOVASI PEMBINAAN SSB U14

Aji RM 7 Soccer jpegMinimnya turnamen U-14 (kelahiran 2001), menjadi salah satu penyebab turunnya animo pemain berlatih di Sekolah Sepak Bola (SSB). Hal ini dipengaruhi faktor lapangan. Mengingat, di usia 14 tahun itu, mereka sudah bermain satu lapangan penuh, sehingga banyak SSB yang enggan menggelar turnamen U-14 karena terbentur mahalnya biaya sewa lapangan.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada solusi untuk menggairahkan turnamen di usia 14 tahun ini. Adalah Aji Ridwan Mas, Ketua Pengcab PSSI Jakarta Selatan, yang mencoba menggelar turnamen usia dini kelahiran 2001-2003 “7 Soccer U 14, ISS CUP”.

“Turnamen 7 Soccer ini, selain uji coba, juga merupakan salah satu cara untuk menggairahkan usia 13-14 tahun berlatih di SSB,” ujar Aji Ridwan Mas, yang juga mantan Kapten timnas PSSI Garuda era 80-an ini.

“Permainan 7 Soccer ini, tidak saja membutuhkan skill dan teknik pemain yang mumpuni tapi juga stamina yang baik. Karena itu, 7 Soccer ini bisa dijadikan tolok ukur pelatih, bagaimana mereka melatih anak didiknya dari segi skill dan tekniknya,” jelas Aji Ridwan Mas.

“Apabila uji coba turnamen 7 Soccer ini berjalan baik, rencananya akan kami adakan tiga kali dalam setahun, sehingga turnamen ini bisa dijadikan salah satu wadah untuk menggiatkan anak-anak usia 13 -14 tahun berlatih,” jelas Aji, sembari menambahkan, kompetisi U 14 format 11 pemain dengan satu lapangan penuh tetap terus dijalankan melalui Pengcab PSSI Jakarta Selatan yang dipimpinnya itu. “Kalau liga U 14 itu memang sudah menjadi agenda tetap Pengcab Jaksel,” lanjutnya.

7 Soccer foto 3 jpeg

Turnamen 7 Soccer ISS Cup ini memainkan 7 lawan 7 pemain, dengan durasi waktu 2 x 20 menit, di lapangan sepak bola berukuran 40 x 60 m.

Sebagai langkah awal, Aji Ridwan Mas sebagai pengelola ISS (Ipebi Soccer School), akan menggelar turnamen “7 Soccer ISS Cup” pada 30 Agustus 2015. Sebanyak 8 SSB ikut ambil bagian, di antaranya: ISS, Garuda Muda, Rajawali 25, PCM oranye, BMS, Tunas Patriot, Patriot Merah Putih, PCM biru. “7 Soccer ISS Cup” memang membatasi jumlah peserta hanya 8 SSB, karena turnamen hanya digelar dalam satu hari.

Turnamen ini menggunakan sistem pembagian grup, yang dibagi menjadi dua grup. Pada pertandingan pembukaan, bertanding tim tuan rumah ISS vs Garuda Muda.*

Comments

comments