Semen Indonesia Raih Peghargaan Website BUMN Terbaik

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SI) raih peghargaan website BUMN terbaik serta website sektor konstruksi favorit pilihan pembaca, pada ajang “BUMN Web Awards 2014” Versi Berita Satu. Penilaian atas penghargaan tersebut berdasarkan transparansi, kreativitas, dan penyebaran informasi yang baik kepada masyarakat melalui website korporasi. Penghargaan tersebut berikan oleh Pemimpin Umum Berita Satu Holding Theo Sambuaga yang diterima oleh Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto di Hotel Le meridien, Jakarta (15/10).

Semen Indonesia Website Terbaik

Direktur Utama Semen Indonesia Dwi Soetjipto mengatakan, “Dua penghargaan sekaligus yang diterima perseroan, menunjukkan keberhasilan Semen Indonesia sebagai salah satu BUMN yang transparan dan komunikatif. Kemudahan dalam mengakses informasi tentang perseroan serta beragamnya content di website Semen Indonesia, merupakan bagian dari upaya transformasi Perseroan menjadi produsen semen terintegrasi berskala global.”

Program redesain website telah dilakukan pada 2013, melalui berbagai perbaikan menyeluruh di segala aspek. Dimulai dari usability, navigasi, loading time, user interface, search engine optimation, hingga konten. Pada Juni 2014, website Semen Indonesia pernah mencapai peringkat tertinggi di Alexa, mengalahkan peringkat website perusahaan semen global seperti: Cemex, Holcim dan Lafarge.

“Penghargaan ini mendorong kami bekerja lebih keras lagi untuk menjadi produsen semen terintegrasi dari hulu ke hilir yang transparan dan informatif. Hal itu sebagai bagian dari upaya kami menjadi pemain global, serta kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean,” papar Dwi.

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan kemudahan dalam mengakses informasi, saat ini, Semen Indonesia tengah menyiapkan website versi ketiga, dengan tambahan versi Bahasa Vietnam. Versi terbaru itu melengkapi versi Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang sudah ada. Hal itu untuk mempermudah pengunjung website dari Vietnam untuk mengenal Semen Indonesia melalui website, yang berdasarkan data traffic jumlahnya semakin meningkat.

Manajemen juga akan membuat standarisasi website pada anak usaha yang merupakan operating company agar dapat bersinergi dengan website perseroan sebagai induk usaha (Strategic Holding Company). Dengan demikian, masyarakat dan khususnya stakeholder perseroan, dapat mengakses informasi tentang Semen Indonesia dan seluruh anak usahanya secara mudah, cepat dan komprehensif. “Kami berharap semua rencana tersebut dapat terwujud, dalam mendukung Semen Indonesia sebagai perusahaan milik Negara berskala global,” tutup Dwi.

Website Semen Indonesia merupakan media online yang berisikan tentang informasi perusahaan baik Profile Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan, Hubungan Investor, Produk dan Layanan, Kinerja berkelanjutan, Berita dan Pers serta Karir. Website Semen Indonesia memiliki berbagai macam keunggulan dan kemudahan akses diantaranya aspek user interface dengan banner tidak hanya berfungsi sebagai gambar/design tetapi konten berita ter-update sehingga pada halaman utama user dengan mudah mengetahui berita terpenting Perseroan.

Selain itu website juga dilengkapi dengan fitur news latter yang berfungsi untuk mempermudah mendapatkan berita terbaru Perseroan, rangkuman berita tersebut bisa didapatkan secara otomatis melalui email yang sudah didaftarkan oleh user melalui fitur letter di halaman utama.

Untuk mempermudah akses informasi, website Semen Indonesia memberikan konten fasilitas share sebanyak 285 media channel dan memiliki 7 media sosial resmi yaitu Facebook, Twitter, Linkedin, Intagram, Youtube, Google dan Slideshare, dalam perkembanganya Perseroan juga memberikan design berbeda yang disesuaikan dengan mobile device.

Penghargaan di Bidang Green Industry

Sementara itu, komitmen Semen Indonesia dalam mengoperasikan pabrik semen yang peduli terhadap lingkungan kembali mendapat apresiasi dari Kementerian Perindustrian RI. Untuk keempat kalinya Semen Indonesia menerima penghargaan bidang industri sebagai Green Industry yang diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian M.S Hidayat kepada Plt Direktur Utama Semen Gresik Sunardi Prionomurti di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, (15/10/14).

Semen Indonesia Raih Green Industry Award

Sunardi Prionomurti mengatakan “ini merupakan ke 4 kalinya kami mendapatkan penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian sejak tahun 2011, penghargaan ini merupakan motivasi bagi kami untuk terus melakukan terobosan dalam mengelola pabrik semen yang berwawasan lingkungan. Kami menyadari bahwa alam sangat penting untuk menjaga keseimbangan. Oleh karena itu berbagai macam Inovasi terus kami lakukan untuk mencapai kinerja lingkungan yang optimal”.

Kinerja SI yang membuahkan penghargaan tersebut antara lain efisiensi & konservasi energi, pengelolaaan limbah B3 dan non B3, konservasi air dan menumbuh kembangkan keanekaragaman hayati. Efisiensi energi dilakukan dengan memanfaatkan biomass sebagai bahan bakar alternatif pada proses pembakaran awal serta memanfaatkan gas buang untuk pengeringan bahan baku pembuatan semen. “Kami berupaya meminimailisir pembuangan gas dan memakainya kembali (recycle) dalam proses pengeringan sehingga dapat menghemat pemakaian batu bara pada proses ini,” terang Sunardi.

Manajemen SI juga melakukan pengelolaan limbah B3 dan Non B3 dengan mengedepankan prinsip 3R (Reuse, Reduce & Recycle) dengan upaya Co-processing yang dilakukan untuk pemanfaatkan limbah tersebut (baik internal maupun external) ke dalam proses produksi semen secara terkendali dan aman bagi lingkungan. Selain menjadi solusi pengelolaan limbah hal ini juga berkontribusi pada efisiensi pemakaiaan bahan baku yang tidak terbarukan. Implementasi penggunaan limbah bahan baku rata– rata sebesar 10.000 ton/bulan.

Penggunaan air juga menjadi aspek penting perusahaan dalam rangka efisiensi. Perseroan memanfaatkan air hujan dan air buangan untuk di recycle sebagai air proses dan air bersih untuk keperluan domestik. Pada 2013, perusahaan dapat menekan indeks pemakaian air sebesar 20,2 % serta memanfaatkan air permukaan atau air limbah domestik dan air hujan sebesar 72,5 %.

Berbagai penghargaan diraih perusahaan sebagai bukti bahwa perusahaan selalu mengedepankan aspek lingkungan dalam operasioanalnya. Diataranya penghargaan Green Award 2013 kategori perusahaan pelestari sumber daya air, pelestari energy terbarukan, pelestari keanekaragaman hayati, pelopor pencegahan polusi. Penghargaan kategori ASEAN Energy Managamant Award dan ASEAN Coal Award oleh ASEAN Center For Energy. Perusahaan juga meraih Proper Emas sebagai penghargaan tertinggi bidang lingkungan yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). (*)

Comments

comments