Indosat Luncurkan Layanan Data Center untuk Pelaku Bisnis di Bali

Denpasar, Wartapena. Indosat meluncurkan layanan baru bagi pelanggan korporasi, yaitu layanan Data Center di Bali. Layanan data center Bali merupakan bagian dari layanan Data Center Indosat yang berpusat di Jakarta dan dikhususkan untuk mendukung korporasi atau pelaku bisnis di pulau Dewata. Peluncuran ini merupakan wujud komitmen Indosat menjadi penyedia solusi ICT yang lengkap (one stop business solutions), selalu memberikan penawaran terbaik (best offer) dan didukung oleh sumber daya dan fasilitas terbaik yang dirancang khusus untuk pelanggan bisnis (business grade support).

Launching Data Center Indosat Bali
Tampak dalam gambar Director & Chief Wholesale and Enterprise Indosat, Fadzri Sentosa (ke-2 dari kiri) saat peluncuran Layanan Data Center di Bali, (30/04/2014).

Fadzri Sentosa, Director and Chief Wholesale and Enterprise Officer Indosat mengatakan, “Dengan ketergantungan bisnis akan sistem IT yang sudah sangat tinggi, Data Center telah menjadi infrastruktur utama bagi pertumbuhan bisnis. Dengan diluncurkannya layanan Data Center ini, perusahaan tidak perlu direpotkan lagi dengan aktivitas pemeliharaan sistem IT yang membutuhkan keahlian dan infrastruktur khusus dan juga dana yang tidak sedikit. Perusahaan dapat menempatkan infrastruktur IT-nya di dalam Data Center Indosat dan Indosat yang akan menjaga sistem IT pelanggan agar tetap bekerja optimal dan dapat mendukung aktivitas operasi mereka dengan ekosistem data center yang menjamin ketersediaan listrik, kestabilan suhu ruang, dan keamanan yang tinggi CCTV dan sistem keamanan terintegrasi.”

Fajri menambahkan, perusahaan atau pelaku bisnis tidak harus memiliki data center sendiri, yang terpenting adalah perusahaan mengetahui di mana data mereka ditempatkan, dan mengetahui bagaimana kontrol keamanan dan ekosistem infrastruktur yang melindungi sistem IT-nya tetap berjalan optimal. “Sewa data center adalah solusi terbaik bagi bisnis untuk mengurangi biaya, mengubah CAPEX menjadi sewa atau OPEX yang lebih terkontrol, dan yang paling penting adalah perusahaan dapat fokus pada bisnisnya,” tukasnya.

Saat ini, teknologi informasi (IT) dan bisnis semakin tak terpisahkan. Bisnis kecil atau menengah sudah mengadopsi IT dalam mendukung operasional bisnisnya agar lebih efektif, lebih efesien dan dapat mempercepat pertumbuhan atau ekspansi bisnis. Perusahaan besar bahkan sudah sangat tergantung pada solusi IT sehingga kontinuitas operasi bisnisnya sangat tergantung pada kontinuitas sistem IT yang digunakannya. Semakin kompleks sistem IT yang diadopsi suatu perusahaan, semakin tinggi kebutuhan infrastruktur yang berfungsi untuk mendukung kontinuitas sistem IT seperti ruangan khusus, instalasi listrik khusus, pendingin ruangan khusus dan lainnya. Pemeliharaan infrastruktur IT menjadi aktivitas dalam perusahaan yang besar, rumit, menuntut perhatian khusus dan juga dana yang tidak sedikit.

Fasilitas data center Indosat di Bali ini antara lain:
– Redundansi minimal N+1 untuk sistem kelistrikan dan pengaturan suhu
– Meet-me-room untuk interkoneksi ke operator telekomunikasi lainnya
– 24x7x365 sistem keamanan terpadu
– Terhubung dengan Domestic Internet Exchange dan kabel laut Jawa-Bali
– Pengawasan fasilitas Data Center yang proaktif (proactive monitoring)

Comments

comments