Sun Life Luncurkan Agency Syariah Pertamanya di Palembang

Palembang, Wartapena. PT Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) memberikan terobosan dengan peluncuran agency syariah dan pembukaan kantor pemasaran syariah pertama khusus produk asuransi jiwa syariah di daerah Palembang, hal ini menandai babak baru perusahaan dalam mengembangkanunit bisnis syariah di Indonesia. Peresmian kantor pemasaran syariah ini dihadiri oleh Kevin D. Strain, Presiden Sun LifeFinancial Asia, dan Bert Paterson, Presiden Direktur Sun Life.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sun Life merupakan perusahaan asuransi pertama di Indonesia yang memisahkan distribusi unit bisnis asuransi konvensional dan syariah. Dengan pemisahan ini, diharapkan setiap nasabah asuransi syariahmaupun konvensional akan mendapatkan pelayanan yang prima, baik dalam hal produk, pelayanan, serta akses terhadap tenaga penjual terbaik pada bidangnya masing-masing. Kantor pemasaran dan agen-agen asuransi syariah Sun Life akan menawarkan produk-produk serta memberikan pelayanan untuknasabah asuransi syariah, sedangkan kantor pemasaran dan agen asuransi konvensional akan berkonsentrasi dalam memberikan pelayanan untuk paranasabah pemegang polis asuransi konvensional.

“Sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial untuk produk-produk keuangan syariah seperti asuransi dan investasi. Sun Life sebagai perusahaan asuransi terpercayadengan agen-agen yang paling disegani di industri sangat yakin bahwa produk asuransi syariah akan berkembang dengan baik, seperti pertumbuhan asuransi konvensional yang telah dikenal lebih dahulu oleh masyarakat,” ujar Bert Paterson.

Pada tahun 2013, total premi syariah tumbuh dariRp39 miliar menjadi Rp57 miliar,mengalami peningkatan sebesar 46%. “Kehadiran kantor pemasaran khusus syariah di Palembang merupakan salah satu strategi Sun Life untuk mengembangkan unit bisnis syariah dikawasan tersebut. Dengan pertumbuhan kelas menengah di perkotaan, Palembang merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera setelah Medan. Kondisi ini menjadi peluang bagi Sun Life untuk dapat memenuhi berbagai kebutuhan nasabahdalam melindungi dan merencanakan keuangan mereka dimasa depan melalui kepemilikan produk asuransi dan investasi khususnya asuransi syariah,“ ujar Bert Paterson.

Bert menambahkan, “Sun Life terus berkomitmen dalam membantu keluarga Indonesia dalam meningkatkan kualitas hidup mereka serta mencapai kemapanan finansial, terutama bagi para nasabah yang berada di Palembang dan daerah sekitarnya.”

Kondisi perekonomian kota Palembang berkembang secara pesatterutama sejak menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara olahraga terbesar di Indonesia yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2004, serta SEA Games yang ke-26 pada 2011. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan sumselprov.go.id, pada 2013 pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan mencapai 5,98% atau di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,78%.

Selain pertimbangan bisnis dan pelayanan nasabah, peluncuran agency syariah serta kantor-kantor pemasaran syariah Sun Life merupakan langkah antisipasi terhadap peraturan baru yang akan diberlakukanoleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengenai pemisahan unit bisnis(spin off) syariah. Sun Life mempersiapkan lebih awal dengan melakukan membukakantor pemasaran syariah sehingga pada saat peraturan tersebut diberlakukan, Sun Life dapat menjalankan unit bisnisnya dengan optimal serta dapat terus memenuhi berbagai kebutuhan nasabah.

Kantor pemasaran syariah yang baru saja diresmikan ini didukung oleh staf penjualan serta karyawan Sun Life yang akan bekerjasama dalam membantu keluarga Indonesiayang berada di wilayah Sumatera Selatan. Keseluruhan tenaga penjualanSun Life (termasuk agency) di Indonesia per 30 Juni 2014 adalah 7.978 agen dengan 77 kantor pemasaran dalam 42 kota diseluruh Indonesia.

“Peluncuran agency syariah serta kantor pemasaran syariah di Palembang merupakan salah satu komitmen kami untuk memperluas pasar Sun Life di Asia setelah sebelumnya membuka tujuh kantor pemasaran di Medan pada awal tahun ini. Dengan Asia sebagai pilar kunci dari strategi pertumbuhan global, Sun Life memiliki rencana bisnis yang penting di Asia dan khususnya Indonesia. Kami sangat gembira dengan kesuksesan unit syariah kami di Indonesia dankami akan terus berupaya untuk meningkatkan kesuksesan ini dengan meningkatkan jumlah agen di Asia,” ujar Kevin D. Strain, Presiden Sun Life Financial Asia, saat pembukaan kantor pemasaran syariah di Palembang.

Kantor pemasaran yang baruini berada di Jalan Basuki Rahmat No. 24B, kawasan pusat bisnis di mana terdapat sejumlahkantor perwakilan lembaga keuangan. Kantor pemasaran syariah yang berlantai tiga ini juga memfasilitasi kegitan pelayanan pelanggan, pelatihan, dan ujian AAJI agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para nasabah. (*)

Comments

comments