Sinopsis Buku: “PENCEMARAN NAMA BAIK”

 

Judul: 
PENCEMARAN NAMA BAIK 
– Di Kehidupan Nyata & Dunia Internet
Penulis: Wawan Tunggul Alam
Jenis Buku: Hukum
Sasaran: Umum dan Masyarakat Hukum

Harga: Rp 26.500,-
ISBN 978-602-1805701;
12,5 cm x 17 cm; 111 hlm.

“Buku ini mengupas tentang bagaimana hukum manjawab persoalan pencemaran nama baik. Ditulis dengan bahasa yang populis, menjadikan buku ini enak dibaca dan penting dimiliki, agar kita menjadi paham mengenai seluk beluk pencemaran nama baik.”  

Isi Buku: Benarkah atau tepatkah kasus pencemaran nama baik harus berakhir di bui? Tak mengada-ada memang, pertanyaan ini. Pasalnya, belakangan ini, kita kian sering mendengar berbagai macam kasus pencemaran nama baik yang terjadi di masyarakat. Menariknya lagi, aturan hukum mengenai pencemaran nama baik nyatanya telah menimbulkan berbagai silang pendapat, berbagai interpretasi, mengenai bagaimana seharusnya hukum menjawab kasus pencemaran nama baik.

Yang menjadi persoalan di masyarakat, kasus pencemaran nama baik yang merupakan delik aduan ini bersifat subyektif, baik dari sisi korban maupun subyektivitas dari aparat penegak hukum yang menangani perkaranya. Parahnya lagi, dengan sifat subyektif dari pencemaran nama baik, harus diakui tak jarang dimanfaatkan aparat penegak hukum untuk menindaknya demi “kepentingan tertentu” – termasuk kepentingan bernilai ekonomis maupun politis.

Untuk itu, agar kita dapat memahami persoalan hukum pencemaran nama baik, penulis berupaya untuk menjelaskannya dengan mengulas dan menganalisa berbagai macam kasus pencemaran nama baik yang terjadi di masyarakat dan menjadi perhatian publik. Seperti, kasus pencemaran nama baik melalui surat pembaca, email, bahkan pengaduan perkara korupsi malah dilaporkan telah melakukan pencemaran nama baik.

Dengan membaca buku ini, akan semakin jelas bagaimana seharusnya hukum menangani kasus pencemaran nama baik. Dan, yang tak kurang kalah pentingnya, buku ini dapat menjadi pegangan masyarakat, termasuk aparat penegak hukum, sehingga mengerti bagaimana hukum menjawab persoalan pencemaran nama baik ini. Bahkan, yang menariknya lagi, masyarakat akan menjadi mengerti dalam menghadapi kasus pencemaran nama baik melalui jalur hukum. Pasalnya, dengan bahasa yang populis, buku ini sangat mudah dipahami masyarakat yang awam hukum sekalipun untuk mengetahui seluk beluk kasus Pencemaran Nama Baik. Jadi, sangatlah penting membaca buku ini. (*)

Comments

comments