Danamon dan Yayasan Danamon Peduli Gelar Kegiatan Peduli Lingkungan Pasar Rakyat di Seluruh Indonesia

Danamon dan Yayasan Danamon Peduli
Gelar Kegiatan Peduli Lingkungan Pasar Rakyat di Seluruh Indonesia

Wujudkan pasar rakyat yang sehat, nyaman dan aman
guna mendorong laju perekonomian

Wartapena, Jakarta, 1 November 2017. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) dan anak perusahaannya Adira Finance dan Adira Insurance beserta Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) memperkuat komitmennya untuk terus mendukung perkembangan pasar rakyat. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan yaitu kegiatan Peduli Lingkungan. Pada kesempatan ini, bertempat di Pasar Induk Kramat Jati, Danamon dan Danamon Peduli menyerahkan bantuan berupa satu buah gerobak motor, enam buah gerobak sampah besi, 348 buah peralatan kebersihan dan isi ulang Alat Pemadam Kebakaran (APAR) kepada perwakilan PD Pasar Jaya, Benny Kelana Jaya. Selain bantuan pengadaan barang, Danamon dan Danamon Peduli juga menggelar pelatihan mitigasi dan penanganan bencana kebakaran yang diikuti sekitar 350 peserta yang terdiri dari pengelola dan pedagang pasar se-Jakarta Timur.

“Pasar rakyat merupakan salah satu poros kehidupan dan tulang punggung perekonomian daerah. Oleh karenanya, sejak tahun 2014, kami menyelenggarakan kegiatan Peduli Lingkungan yang mendukung perbaikan lingkungan dan ketangguhan terhadap bencana kebakaran di sekitar pasar tradisional (pasar rakyat). Kondisi lingkungan pasar sangatlah penting mengingat kebersihan, kenyamanan dan keamanan pasar adalah faktor utama pertimbangan konsumen untuk berbelanja di pasar. Jika pasar bersih, nyaman dan aman, tentu akan meningkatkan minat masyarakat untuk belanja sehingga mendorong roda perekonomian daerah,” jelas Henny Gunawan, Regional Corporate Officer Jakarta.

Seluruh kegiatan Peduli Lingkungan di wilayah kerja Danamon, baik yang dilakukan di kantor pusat maupun kantor cabang merupakan inisiatif berkelanjutan dan dimonitor langsung oleh Danamon Peduli selaku penerima amanah dan pelaksana kegiatan tanggung jawab sosial Danamon dan anak perusahaan. Demi mendukung kegiatan ini, sepanjang tahun 2017 anggaran yang dialokasikan oleh Danamon dan disalurkan melalui Danamon Peduli khusus untuk kegiatan peduli lingkungan di pasar rakyat adalah Rp 2,5 miliar.

“Kegiatan Peduli Lingkungan yang rutin kami selenggarakan ini adalah komitmen Danamon  Peduli sebagai mitra pembangunan pemerintah, khususnya dalam upaya mengembangkan pasar rakyat. Bersama dengan Danamon dan anak perusahaan, kami menargetkan tercapainya perbaikan lingkungan di lebih 50 pasar rakyat setiap tahunnya, serta melibatkan ribuan relawan yang berasal dari karyawan. Kegiatan Peduli Lingkungan terus kami giatkan karena selaras dengan agenda pembangunan pemerintah – Nawacita nomor 6 dan Tujuan Pembangunan Global yang Berkelanjutan (SDG),” tutup Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

 

Tentang Yayasan Danamon Peduli:

Yayasan Danamon Peduli resmi dibentuk oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk. pada 17 Februari 2006. Program-program Yayasan Danamon Peduli bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang bermanfaat langsung pada masyarakat dan melibatkan relawan dari lingkungan keluarga besar Danamon. Dalam kiprahnya, Danamon Peduli secara konsisten berperan sebagai mitra pembangunan dengan program-programnya yang inovatif dengan tujuan berkontribusi pada prioritas pembangunan serta berkelanjutan dan dapat dikembangkan oleh berbagai pihak lain.

Sejak tahun 2010, Danamon Peduli menjalankan program Pasar Sejahtera sebagai investasi sosial perusahaan dengan fokus pelaksanaan pada empat komponen kegiatan, yaitu: (1) Peningkatan kondisi fisik pasar; (2) Intervensi perubahan perilaku; (3) Peningkatan komitmen pemerintah; dan (4) Peningkatan dukungan masyarakat. Saat ini, terdapat sembilan pasar percontohan Pasar Sejahtera, yaitu Pasar Ibuh-Payakumbuh di Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro di Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka di Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen di Jawa Tengah, Pasar Grogolan-Pekalongan di Jawa Tengah, Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur, Pasar Kemuning-Pontianak di Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca Bantaeng di Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, dua pasar yaitu Pasar Sindangkasih dan Pasar Semampir telah diserahterimakan kepada pemerintah setempat.

Selain melalui kegiatan Pasar Sejahtera ini, Danamon Peduli mewujudkan misi melalui program Cepat Tanggap Bencana, Danamon Peduli bekerja sama dengan para relawan dari karyawan Danamon dan Adira menyalurkan bantuan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana selain juga melakukan beberapa kegiatan edukasi masyarakat dalam upaya mencegah dan memitigasi dampak bencana.

Sejak didirikannya, Danamon Peduli juga telah meraih beberapa penghargaan antara lain juara ke-2 tingkat dunia BBC World Challenge 2009, MDGs Award 2009 untuk kategori pengentasan kemiskinan. Pada tahun 2011, Program Pasar Sejahtera mendapatkan penghargaan Asia Responsible Entrepreneurship Award untuk kategori Green Leadership. Pada pertengahan tahun ini, Yayasan Danamon Peduli menerima penghargaan dari Warta Ekonomi Social Business Inovation Award 2014 untuk kategori Best Sustainable Business Innovation Company in Clean Market Programme. Kuartal pertama 2015, Yayasan Danamon Peduli meraih Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector (CECT) CSR Award 2015 kategori “Overall Performance in Banking Sector” dari Universitas Trisakti. Tahun 2016, Danamon Peduli menjadi salah satu pembicara mewakili Indonesia di Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa yaitu Habitat III di Quito, Ekuador. Di awal tahun ini Danamon Peduli menerima penghargaan TOP CSR 2017 untuk kategori program yang selaras dengan Nawacita 6: Revitalisasi Pasar Tradisional.

YDP 1-a
YDP 2-a Pelatihan Mitigasi dan Penanganan Bencana Kebakaran – Kegiatan Peduli Lingkungan Pasar Rakyat dan Pelatihan Pelatihan Mitigasi dan Penanganan Bencana Kebakaran melibatkan 350 peserta yang terdiri dari pengelola dan pedagang pasar se-Jakarta Timur pada Rabu, 1 November.

YDP 3aSeremoni penyerahan bantuan pengadaan barang dihadiri Adnan Qayum Khan Direktur Danamon, Restu Pratiwi Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, Benny Kelana Jaya perwakilan PD Pasar Jaya dan Henny Gunawan Regional Corporate Officer Danamon.

 

 

Comments

comments