Pengusaha Komitmen Bantu ITB

KOMITMEN DONASI DANA LESTARI, PEMBANGUNAN GEDUNG, SERTA HIBAH LAINNYA BAGI PENGEMBANGAN INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

 

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan sumberdaya manusia yang unggul di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bagi akselerasi pembangunan Bangsa, Institut Teknologi Bandung (ITB) dituntut untuk dapat meningkatkan kontribusinya dalam memenuhi harapan tersebut. Untuk menjawab tantangan tersebut, ITB membutuhkan dukungan pembiayaan serta pengembangan kapasitas sarana dan prasarana untuk memfasilitasi eskalasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Upaya pengembangan ITB tersebut tentu memerlukan pembiayaan yang sangat besar sehingga membutuhkan peran serta berbagai pihak untuk dapat mewujudkannya. Untuk itu, ITB mengajak berbagai kalangan, termasuk para pelaku usaha nasional, agar dapat berperan serta dalam program yang sangat strategis bagi kepentingan bangsa ini melalui skema dana lestari, donasi pembangunan gedung, atau berbagai bentuk hibah lainnya. Melalui skema dana lestari, para donatur dapat membantu ITB dengan menyumbangkan dana yang nilai pokoknya bersifat tetap, namun hasil pemanfaatan dananya dapat digunakan untuk membiayai berbagai program tri dharma ITB. Melalui donasi pembangunan gedung, para donatur dapat  menyalurkan bantuannya untuk pembaharuan gedung lama maupun pembangunan gedung baru yang sangat diperlukan untuk mengakomodasi perkembangan kebutuhan ruang aktifitas di Kampus ITB. Pada jangka pendek ini, ITB memerlukan pembaharuan Gedung Kimia yang sudah habis usia pakainya, serta pembangunan gedung baru Science Techno Park (STP) yang akan dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan, riset, serta program inkubator industri yang memfasilitasi pembinaan para pegiat start up yang mentransformasi hasil riset untuk memasuki dunia bisnis dan industri. Sementara itu, bantuan juga dapat diberikan dalam bentuk hibah, misalnya hibah lahan, peralatan laboratorium, dll.

Berbagai kalangan pengusaha nasional telah menaruh perhatian besar atas upaya ITB dalam pengumpulan dana lestari, pembangunan gedung, serta bentuk hibah lainnya tersebut. Pada Sabtu, 14 Oktober 2017, pukul 09.00-10.00 WIB, bertempat di Hotel Pullman Jakarta, Jalan MH. Thamrin No. 59, Jakarta Pusat, diselenggarakan acara penandatanganan komitmen dukungan dunia usaha dalam program donasi untuk pengembangan ITB. Pada acara tersebut, hadir para Anggota Kehormatan serta para Anggota MWA (Majelis Wali Amanat) Institut Teknologi Bandung, Rektor dan Para Wakil Rektor, serta para filantrofi diantaranya adalah Bpk G. Sulistiyanto dan Bpk. Franky Widjaja dari PT Sinar Mas Group, Bpk. Prijono Sugiarto dari PT Astra International Tbk, Bpk. Edwin Soeryadjaya dari PT. Adaro Energy Tbk, B[k. Franky Welirang dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Bpk. Prajogo Pangestu dari PT Chandra Asri Perochemicals Tbk, Bpk. Robert Budi Hartono dari PT Djarum, Bpk. Eddy William Katuari dari Wings Group, Bpk. Teddy Rachmat, Ibu Arini Subianto,  Bpk. Peter Sondakh dari PT Rajawali Corporation, Bpk. Prajogo Pangestu dari Barito Pacific Tbk, Bpk. Sugiarto Kusuma dari Agung Sedayu Group, dan Bpk. Anthony Salim dari Salim Group.

Semoga komitmen para pengusaha nasional ini menjadi langkah konstruktif yang mencerminkan kepedulian dan upaya bersama dari semua elemen Bangsa dalam menjawab tantangan pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, sebagai elemen fundamental kemajuan Bangsa. Amin YRA.

Wartapena, Jakarta, 14 Oktober 2017
Kantor Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi
Institut Teknologi Bandung.

WhatsApp Image 2017-10-14 at 19.08.51ab(dari kiri ke kanan ) Managing director sinar mas, Saleh Husin, Rektor ITB, Kadarsyah,Presdir PT Astra International Tbk,Prijono Sugiarto, Managing Director Sinar Mas Gandhi Sulistiyanto, Ketua Majelis Wali Amanat, Betty Alisyabana. Kiprah Sinar Mas kepada dunia pendidikan sudah dimulai oleh pendiri SM melalui pendirian Univ Prasetya Mulya, dilanjutkan kerjasma SM dg ITB mendirikan ITSB, serta hari ini bersama Astra Int’l berkomitmen membangun gedung STP di Kampus ITB.

Comments

comments