25.000 Orang Semarakkan Astra Green Lifestyle di 7 Kota di Indonesia

Jakarta, Wartapena. PT Astra International Tbk bersama anak perusahaan menggelar program Astra Green Lifestyle (AGL) di Parkir Timur Senayan, Jakarta pada hari ini dan bersamaan dengan itu AGL juga dilaksanakan di Balikpapan, Makassar dan Surabaya, disusul oleh Denpasar dan Mamuju yang akan menyelenggarakan AGL pada 22 Juni 2014 serta Palembang yang akan diselenggarakan pada akhir Juni mendatang.

Astra Green Lifestyle memiliki semboyan Kenali – Lakukan – Ajarkan, diselenggarakan sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup dan merupakan sebuah acara kampanye gaya hidup ramah lingkungan bersama Astra. Di AGL, pengunjung diharapkan bisa mendapat inspirasi untuk hidup ramah lingkungan, dengan mengetahui kegiatan pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan Astra (Kenali), mendapatkan pengalaman tentang cara melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan (Lakukan), sehingga terinspirasi untuk mengajarkannya ke orang lain (Ajarkan).

Astra Green Lifestyle Jakarta Green Run
AGL diisi oleh banyak kegiatan, salah satunya adalah Jakarta Green Run (JGR), yaitu lomba lari lima kilometer yang dipusatkan di Parkir Timur Senayan, Jakarta. Hampir 3.000 pelari mengikuti kegiatan ini. Tepat pukul 06.00 WIB seluruh peserta Jakarta Green Run dilepas di garis start oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto didampingi oleh Tokoh Lingkungan Hidup Erna Witoelar dan Deputi 3 Kementerian Lingkungan Hidup Arief Yuwono.

cap tangan peduli lingkungan
Dalam kesempatan ini, Prijono Sugiarto, Erna Witoelar dan Arief Yuwono juga turut berpartisipasi menempelkan satu cap tangan sebagai wujud kepedulian pada lingkungan. Satu cap tangan mewakili 10.000 bibit pohon yang akan ditanam.

Yang unik dari penyelenggaraan JGR adalah setiap pelari secara otomatis akan menyumbangkan satu bibit pohon. Selain itu, saat mendaftar, para pelari juga diharuskan untuk membawa 10 botol plastik bekas untuk mendapatkan cash back dari biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000. Yang berhasil dikumpulkan dari acara ini adalah 25.000 botol plastik atau seberat 450 kg.

Dalam rangkaian pelaksanaan Astra Green Lifestyle, ada 40.000 bibit pohon yang berhasil terkumpul. Pohon yang terkumpul akan menambah total pohon yang akan ditanam oleh Astra di tahun 2014 ini menjadi sebanyak 100.000 pohon di atas lahan seluas 100 hektar di Astra Sentul Eco Edu Tourism Forest (ASEETF).

Prijono juga menyampaikan pesan tentang lingkungan yang disampaikan kepada seluruh pengunjung dalam acara ini, yaitu : “Mari kita bersama-sama membudayakan gaya hidup ramah lingkungan melalui Astra Green Lifestyle, agar Indonesia tetap hijau. Mari kita kembali menanam pohon demi kehidupan, saling bersinergi membangun peradaban.”

Tiga Program Utama
Kegiatan dalam Astra Green Lifestyle (AGL) di Jakarta dibagi dalam tiga program utama, yaitu:

  • Green Action, terdiri dari kegiatan Jakarta Green Run, bincang gaya hidup hijau, sepeda jus (pengunjung mengayuh pedal sepeda untuk memproduksi jus buah) dan Arena Aman Berlalu Lintas Astra.
  • Green Exhibition, yaitu aksi hijau bersama komunitas Indonesia Berkebun, Diet Kantong Plastik, Plastik Daur Ulang (Si Dalang), Indonesia Bebas Rokok, Kreasi Musik Sampah (Kresipah), Nebeng.com, Bumi Putih Jewelry, Indorunners, Perikertas dan SD binaan Astra yang menjadi penerima predikat SD Adiwiyata Mandiri 2014 yaitu SDN Sungai Bambu 05 Jakarta Utara.
  • Green Competition, terdiri dari lomba seni recycle barang bekas, lomba musik sehat Astra, planting, green puzzle, biopori, siklus air dan menghias botol plastik.

Selain itu ada juga talk show tentang Gaya Hidup Sehat dengan olah raga lari dan komunitas hijau (green community). AGL juga tidak hanya mengajak masyarakat untuk memiliki gaya hidup ramah lingkungan saja, tetapi juga mengajak masyarakat untuk ikut serta membudayakan keselamatan berlalu lintas sejak dini melalui arena aman berlalu lintas yang bisa dinikmati oleh anak-anak.

Tidak ketinggalan, ada juga penampilan spesial dari Project Pop, Midnight Quickie dan The Icons yang akan menghibur seluruh pengunjung.

Sementara pada penyelenggaraan AGL di enam kota lain yaitu Balikpapan, Makassar, Surabaya, Denpasar, Mamuju dan Palembang kegiatannya juga tidak kalah variatif, yaitu:
· Makassar
Di kota ini diselenggarakan Fun Bike 2014 yang dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. AGL di Makassar dihadiri sekitar 2.000 pengunjung. Grup Astra Makassar juga menyerahkan 1.000 bibit pohon untuk penghijauan kota Makassar di Ruang Terbuka Hijau (RTH). Tidak hanya itu, ada juga kegiatan safety riding sebagai ajakan kepada masyarakat untuk terus
membudayakan kegiatan aman berlalu lintas.

· Balikpapan
Kegiatan dilaksanakan di Plaza Balikpapan dan diisi dengan fun cycling serta penanaman tanaman mangrove yang melibatkan sebanyak kurang lebih 2.000 pengunjung.

· Surabaya
Di Kota Pahlawan ini kegiatan diisi dengan jalan sehat, senam pagi bersama serta pelatihan pembuatan pupuk kompos yang dihadiri oleh 2.000 pengunjung, dilaksanakan di sekitar Plaza Tunjungan.

· Denpasar
AGL di kota Denpasar dimeriahkan dengan kegiatan gerak jalan yang akan diikuti oleh 2.500 peserta yang dilanjutkan dengan fun aerobic dan talk show tentang penanaman holtikultura. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Lapangan Renon Denpasar.

· Mamuju
Sebanyak 10.000 pohon mangrove akan ditanam dalam kegiatan AGL di Mamuju. Selain itu juga akan dilaksanakan peresmian ecowisata mangrove di Kabupaten Mamuju Utara yang akan diramaikan oleh 1.000 orang.

· Palembang
Acara AGL di kota ini akan diisi dengan fun walk, fun aerobic, community plastic handy craft display, edukasi tentang gaya hidup ramah lingkungan dan aman berlalu lintas, pameran foto, penanaman pohon, safety riding serta driving demonstration yang diperkirakan akan dihadiri sekitar 2.000 pengunjung di Kantor DPRD Sumatra Selatan. (*)

Comments

comments